janin 7 bulan

Fakta Penting Menjelang Umur Janin 7 Bulan

kehamilan 7 bulan
kehamilan 7 bulan

Semakin mendekati persalinan, ibu yang hamil harus rutin dalam memeriksa kandungannya kepada pihak medis agar perkembangannya lebih baik baik memeriksa ke dokter atau bidan terdekat. Apabila waktu dulu bidan atau petugas medis menyuruh untuk memeriksakan kandungannya sebulan sekali, maka saat umur janin 7 bulan bidan akan menyuruh ibu hamil untuk ritun periksa kandungan selama 2 minggu sekali.

Dan berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dan juga diperiksakan oleh ibu hamil :

  • Pemeriksaan Kandungan

Pemeriksaan pada saat masa kandungan memasuki 7 bulan bertujuan untuk mengetetahui posisi dari janin di dalam rahim tersebut. Biasanya janin memiliki posisi yang berubah-ubah, kadang posisinya bagus dan normal, kadang juga posisinya sungsang. Hal itu dikarenakan kepala janin belum masuk kedalam panggul. Jika telah memasuki ke dalam panggul, posisi janin pun tidak akan berubah-ubah hanya tinggal menunggu pecah ketuban saja.

  • Makanan Ibu Hamil

Ibu hamil harus memperhatikan kualitas dan kuantitas dari makanan sehat untuk ibu hamil. Makan dengan porsi yang kecil dapat dilakukan oleh ibu hamil,mengingat rahim ibu dan perut ibu semakin membesar karena keberadaan janin tersebut.

  • Berlatih Mengejan

Latihan ini sangat di anjurkan oleh para ibu yang hamil, agar ketika memasuki masa persalinan dapat dengan lancar mengeluarkan si bayi. Ibu dapat melakukan latihan mengejan dengan cara senam hamil yang banyak di ikutinya atau di ajarkannya di puskesmas atau lokasi kebugaran ibu hamil.

  • Tempat Melahirkan

Mulai usia 7 bulan sebaiknya ibu hamil mulai berunding dengan keluarga mau melahirkan di mana, di rumah sakit, klinik atau di bidan. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya yang diperlukan saat melahirkan dan transportasi apa yang ingin digunakan.

Baca juga  4 point penting ketika terjadi ketuban pecah dini

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para ibu hamil khususnya bagi ibu hamil dengan umur janin 7 bulan. Pada masa ini, di sarnkan agar selalu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi serta memiliki gizi baik, karena akan berpengaruh pada si bayi. Dan yang terpenting adalah selalu meminum susu, saran terbaik adalah susu lactamil pregnanse.

Perkembangan Janin Pada Usia Kehamilan 7 Bulan

Pada saat masa janin 7 bulan, maka perkembangan janin sudah mendekati normal atau sempurna. Banyak ibu hamil yang menunggu-nunggu janin yang usia nya sudah 7 bulan. Karena hal ini adalah masa di mana si janin telah menjadi manusia kecil yang hadir di rahim sang bunda. Semua organ tubuh yang berada dalam janin sudah mendekati sempurna, hanya saja tinggal menunggu pematang saja. Banyak ibu hamil yang menggelar syukuran 7 bulanan, karena pada dasarnya ruh janin juga sudah ditiupkan saat usia 4 bulan, kemudian umur 7 bulan janin sudah mendekati sempurna. Janin mulai bergerak-gerak lebih aktif dan bergerak lebih cepat dibandingkan dengan usia sebelumnya. Ibu yang hamil kini sudah dapat merasakan gerakan kaki dan juga tangan di pertunya. Kadang lengan dan kaki janin dapat membuat permukaan perut ibu hamilmenjadi tidak rata dan bergelombang.

Ibu hamil harus terus memantau perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Ini penting sekali karena untuk melihat apakah janin yang ada dalam kandungan tersebut berkembang sesuai dengan kehamilan atau tidak. Berikut ini adalah perkembangan janin yang harus anda ketahui saat usia janin 7 bulan.

  • Saat usia 7 bulan jaringan lemak pada janin akan mulai mengalami penumpukan. Lemak tersebut dapat disebut dengan verinix. Verinix menutupi kulit janin sehingga kulit janin tidak akan basah apabila terkena cairan ketuban. Verinix tersebut juga dapat membuat tubuh janin terasa hangat meski ada di dalam cairan ketuban.
  • Pada usia 7 bulan, janin pada otak dan fungsinya mulai berkembang secara pesat, permukaan otak mulai berkerut-kerut dan telah membentuk jaringan yang lebih sempurna. Otak telah dilengkapi dengan sel syaraf. Sel-sel syaraf tersebut terlapisi dengan lemak yang akan membuat proses penyampaian rangsangan dapat diterima otak degan cepat. Janin akan mengalami perkembangan pesat saat usinya 7 bulan sampai anak berusia 5 tahun.
  • Janin sudah bisa bermimpi
  • janin laki-laki akan membuat rahim berada sekitar 8cm di atas pusar
  • Gerakan janin akan semakin kuat dan semakin sering

Itulah contoh kecil dari beberapa perkembangan janin pada umur 7 bulan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*