hewan kurban

Trik Mudah Pilih Kambing Kurban yang Bagus

Sebentar lagi Idul Adha akan tiba, tidak ada salahnya sebagai umat muslim kita mempunyai persiapan di dalam merayakan hari yang fitrah ini. contohnya dengan memilih kambing kurban yang terbaik. Secara umum hewan yang akan dijadikan sebahagian kurban harus halal secara Islam serta benar-benar sehat. Tetapi dengan banyaknya penjual hewan yang ada, pasti membuat kita sebagai orang yang awam merasa bingung untuk melakukan pemilihan hewan yang sehat dan sah. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih hewan yang sah dan sehat.

Pertama, usia hewan. Hewan yang baik harus memiliki cukup usia, untuk kambing berusia 12 hingga 18 bulan sedangkan untuk sapi berusia 22 bulan. Cara mudah bisa dilakukan dengan melalui catatan kelahiran yang dimiliki oleh pemilik, Anda juga bisa melihat gigi hewan. Bila giginya telah tanggal, hal ini menandakan jika hewan tersebut sudah cukup umur.

Kedua, organ tubuh yang sehat. Ketika Anda berada di lokasi pembelian, Anda bisa memperhatikan hewan kurban tersebut, perhatikan melalui mata, hidung serta anus. Cari hewan yang bersih di bagian mata, kelopak mata yang berwarna kuning sangat tidak disarankan untuk di pilih, karena hewan yang sehat mempunyai kelopak yang berwarna pink, sedangkan hidung terlihat bersih, basah dan tidak mengeluarkan cairan. Hal yang paling penting ialah proporsi tubuh standar. Keempat kaki harus simetris. Selain itu perhatikan anus, bila bagian anus kotor, berarti hewan sedang mengalami diare, Anda harus mengingat juga, jangan memberi hewan yang mempunyai koreng.

Terakhir, pilih tempat yang tepat dimana akan melakukan pembelian. Memilih tempat untuk melakukan pembelian menjadi hal yang tidak kalah penting. Hindari membeli hewan di peternak yang dekat dengan pembuangan sampah karena hewan tersebut berpotensi memiliki kandungan bahan berbahaya untuk tubuh, bila Anda konsumsi, lebih baik pilih hewan yang berada di lingkungan bersih serta jauh dari polusi udara. Hal ini berpengaruh pada tingkat stress yang dialami hewan. Kemunculan pedagang hewan memang membuat kita harus lebih jeli untuk melakukan pemilihan tempat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*